4 Alasan Saya Menggunakan Domain .WEB.ID

domain paling keren di indonesia

Sejak mulai mengenal blog dari tahun 2009 yang lalu, blog ini adalah blog pertama yang saya buat menggunakan domain lokal. Biasanya saya selalu menggunakan domain (dot)com. Penggunaan domain .web.id ini bukan tanpa alasan. Paling tidak ada 4 alasan yang melatar belakangi saya memilih domain jenis ini sehingga lahirlah HATIM.WEB.ID sebagai salah satu domain paling keren di Indonesia :-D
  • Domain (dot)com sudah tidak tersedia lagi
Kalau disuruh memilih, sudah tentu saya lebih memilih menggunakan domain (dot)com. Alasannya karena domain .com merupakan domain paling banyak digunakan di dunia. Tapi seperti yang saya tebak sebelumnya, domain HATIM.COM sudah tidak tersedia lagi alias sudah ada yang menggunakannya. Bukan cuma domain .com, domain .net dan .org juga sudah terdaftar. Hal ini tidak membuat saya heran karena nama HATIM memang sudah terkesan familiar di telinga kita.

domain hatim.com sudah tidak tersedia lagi
  • Murah
Alasan lain kenapa saya memilih domain .web.id adalah harganya yang bisa dibilang relatif lebih murah. Hanya butuh uang Rp. 55.000;- domain .web.id sudah bisa saya miliki selama satu tahun. Walau pun harga domainnya relatif murah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa tampil profesional dengan domain seperti ini. Banyak kok pengguna domain .web.id yang bisa tampil profesional. Dua di antaranya adalah agusmulyadi.web.id dan priangga.web.id

Dari sini saja kita sudah bisa menilai kalau ke-profesional-an seorang blogger itu bukan ditentukan oleh domain yang digunakannya melainkan dari isi blog yang menggunakan domain tersebut.
  • Indonesia banget
Walaupun alasan ini terdengar klise, tapi memang inilah yang menjadi bahan pertimbangan saya saat menggunakan domain (dot)web(dot)id. Biar kesan Indonesianya dapat. Hahaha

Selain domain .web.id, ada juga domain .id yang kesannya Indonesia banget. Lebih pendek malah. Tapi domain .id harganya lebih mahal. Kalau tidak salah Rp. 250.000;- per tahunnya. Jadi, saya lebih memilih domain (dot)web(dot)id. Toh, kesan Indonesianya juga sama-sama dapat.

harga domain hatim.id
  • Data terpercaya
Yang membedakan domain .web.id dengan domain .com adalah verifikasi datanya. Kalau domain .com, kita tinggal daftarkan nama domain tersebut di penyedia jasa lokal seperti rumah web, bayar dan beberapa saat kemudian kita sudah bisa memiliki domain yang kita inginkan.

Kalau domain .web.id sedikit ribet. Bukan ribet sih tapi lebih tepatnya ada sedikit persyaratan yang harus dipenuhi. Hal inilah yang membuat domain .web.id menjadi tidak sembarangan dimiliki oleh semua orang.

Untuk pembelian domain .web.id seperti yang saya lakukan, cukup melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku. Hal ini disebabkan karena blog yang saya buat ini lebih cenderung ke blog personal. Blog yang berisi catatan tidak jelas :-D. Bukan blog jual beli online yang harus melampirkan SIUP.

Tapi bagi yang mau mendirikan usaha jual beli online yang menyasar pembeli lokal Indonesia, domain .id atau .web.id bisa dijadikan pilihan yang tepat. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena verifikasi data tadi. Dengan adanya verifikasi data tersebut, secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan pengunjung sekaligus calon konsumen produk yang anda tawarkan.

***

Itu tadi 4 alasan kenapa saya memilih domain .web.id, bagaimana dengan teman-teman yang menggunakan domain sejenis?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Alasan Saya Menggunakan Domain .WEB.ID"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar terkait tulisan di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Mohon tidak menyisipkan link hidup di dalam kotak komentar. Terima kasih!