Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM di Bengkalis

cara mudah mengurus perpanjangan SIM

Beberapa waktu yang lalu, saya baru saya mengurus perpanjangan SIM. Ternyata, proses perpanjangan SIM tidak serumit yang saya bayangkan sebelumnya. Biayanya juga tidak semahal seperti yang dibilang sama orang-orang. Dari kenyataan ini, kita bisa menarik kesimpulan : lebih baik bertanya langsung dengan orang yang tahu persis dari pada percaya dengan ucapan orang-orang yang lebih banyak menggunakan frasa “katanya”.

Berhubung saya baru saja mengurus perpanjangan SIM, di tulisan ini saya akan berbagi pengalaman tentang waktu, syarat, biaya dan tata cara mengurus perpanjangan SIM tersebut. Ada pun SIM yang saya maksudkan adalah SIM C, SIM untuk pengguna kendaraan roda dua. Dan saya mengurus perpanjangan SIM ini di Bengkalis, salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Mungkin lain Kabupaten lain pula biaya dan tata caranya.

Waktu

Waktu terbaik untuk mengurus perpanjangan SIM adalah satu minggu sebelum tanggal berakhirnya SIM tersebut. Soalnya waktu saya mengurus perpanjangan SIM kemaren, ada ibu-ibu muda yang ingin mengurus perpanjangan SIM nya juga, cuma masa berakhir SIM nya masih dua bulan lagi. Oleh petugas SIM keliling, ibu-ibu itu diminta untuk datang lagi dan mengurus perpanjangan SIM nya kembali satu minggu sebelum masa berlalu SIM nya berakhir. Dari kejadian ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa waktu paling tepat untuk mengurus perpanjangan SIM adalah satu minggu sebelum berakhirnya masa berlaku SIM tersebut.

Syarat

Syarat mengurus perpanjangan SIM nya ada 2 :
  • KTP asli + fotokopi KTP 4 lembar
  • SIM asli
Biaya
Biaya mengurus perpanjangan SIM C di Bengkalis adalah Rp. 110.000;- Rinciannya sebagai berikut :
  • Biaya mengambil Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani Dr. Moris Rp. 35.000;-
  • Biaya perpanjangan SIM C di layanan SIM keliling Rp. 75.000;-
Tata Cara

Tata cara mengurus perpanjangan SIM C di Bengkalis adalah sebagai berikut :
  • Datangi layanan SIM keliling yang berada tidak jauh dari Lapangan Tugu Bengkalis dengan membawa syarat-syarat yang saya sebutkan diatas.
  • Nanti petugas layanan SIM keliling akan meminta anda mengambil Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani terlebih dahulu di tempat praktek Dr. Moris Bationg Sihite atau yang lebih di kenal dengan nama Dr. Moris. Tempat prakteknya terletak di Jl. Ahmad Yani, depan kantor Bupati Bengkalis.
  • Di tempat praktek Dr. Moris, serahkan KTP dan SIM asli pada kakak-kakak yang bertugas disana, kemudian tunggu nama anda di panggil.
  • Setelah nama anda dipanggil, ada beberapa pertanyaan yang akan di ajukan. Jawab saya sesuai keadaan anda saat itu.
  • Anda akan di bawa ke sebuah ruangan untuk cek tekanan darah + di uji untuk melihat apakah anda rabun jauh atau tidak.
  • Setelah semua pemeriksaan selesai, anda akan dapat selembar Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari tempat praktek Dr. Moris tersebut dengan biaya Rp. 35.000;-
  • Bawa Surat tersebut ke tempat layanan SIM keliling, serahkan sama petugas disana beserta SIM asli anda.
  • Petugas layanan SIM keliling akan menyerahkan formulir permohonan perpanjangan SIM. Isi formulir tersebut dengan data yang benar.
  • Setelah selesai mengisi formulir tersebut, serahkan kembali pada petugas layanan SIM keliling, tunggu nama anda dipanggil lagi.
  • Setelah nama anda dipanggil, anda akan diminta masuk ke mobil layanan SIM keliling tersebut untuk di foto dan tanda tangan.
  • Setelah proses foto dan tanda tangan selesai, SIM anda yang tadi mau diperpanjang siap untuk di cetak.
  • Anda akan mendapatkan SIM baru yang berlaku untuk lima tahun ke depan dengan biaya Rp. 75.000;-
  • Selesai
Kira-kira begitulah tata cara mengurus perpanjangan SIM C di layanan SIM keliling Kabupaten Bengkalis. Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan lain, silahkan tinggalkan di kotak komentar.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM di Bengkalis"

  1. Meski Saye belum ade SIM, Tapi sering dengar yang namanya "Katanya". Mencoba langsung lebih baik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bro. Makanya tulisan diatas saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi bisa di pertanggung jawabkan

      Hapus

Silahkan berkomentar terkait tulisan di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Mohon tidak menyisipkan link hidup di dalam kotak komentar. Terima kasih!