Cara Mudah Mengurus Simcard Telkomsel yang Hilang atau Rusak

Kemarin, Kartu As yang hampir sepuluh tahun saya gunakan tiba-tiba error atau tidak terbaca di HP. Awalnya saya memindahkan Simcard tersebut ke dalam iPad. Niatnya ingin men-download beberapa koleksi games agar bisa di mainkan sama keponakan. Kebetulan di dalam Simcard itu masih terdapat lebih dari 800 MB paket data. Lumayan untuk men-download games-games yang ukurannya kecil seperti Onet Classic, Zuma Deluxe, Jewels Quest, RacingMoto atau Subway Surfer.

mengurus simcard telkomsel yang hilang

Waktu saya pindahkan ke iPad, Simcard tersebut masih berfungsi dengan baik. Tapi berhubung saat itu koneksi internet lagi lemot, jadi games yang ingin saya download pun jadi tersendat-sendat jalannya. Saya hentikan kegiatan tersebut dan kembali memindahkan Simcard kedalam HP Samsung. Disinilah masalahnya mulai kelihatan. Setelah saya hidupkan kembali HP Samsung tersebut dan mencoba mengecek sisa kuota internet. Tiba-tiba muncul pesan error. Pesan yang menyatakan kalau Simcard yang saya masukan barusan tidak terbaca.

Saya tidak kehabisan akal, saya keluarkan kembali Simcard tadi dan me-restart HP tersebut. Tapi setelah hidup, Simcard nya masih tetap tidak bisa digunakan.

Apa yang menyebabkan Simcard error atau tidak terbaca?

Simcard error atau tidak terbaca seperti kejadian yang saya alami di atas, biasanya penyebab utamanya ada 2 :
  • Dudukan Simcard Rusak
Kalau tempat meletakkan Simcard nya rusak, ponsel tidak akan bisa membaca Simcard yang barusan kita masukkan. Karena di tempat dudukan Simcard tersebut terdapat konektor yang menghubungkan antara ponsel dan konektor yang ada di Simcard
  • Simcard Rusak
Kalau Simcard nya yang rusak, ponsel tidak akan bisa membaca semua informasi yang ada dalam Simcard tersebut. Termasuk nomor yang akan di gunakan. Kerusakan Simcard biasanya di tandai dengan berubahnya warna jalur chip yang awalnya kuning keemasan menjadi bintik-bintik kecoklatan

Cara mengatasi Simcard yang error atau tidak terbaca

Pastikan dulu apa yang menyebabkan Simcard tersebut error atau tidak terbaca. Apakah dudukan Simcard di ponsel tersebut yang rusak atau Simcard nya yang rusak? Cara mengetahuinya cukup dengan memasukkan Simcard tersebut kedalam HP yang lain. Jika Simcard nya berfungsi, kemungkinan dudukan Simcard di HP sebelumnya yang rusak. Tapi, jika Simcard nya tidak berfungsi, sudah bisa di tebak kalau Simcard nya yang rusak. Mungkin karena Simcard tersebut sudah terlalu lama anda gunakan (usang) atau anda sering mengeluar-masukkan Simcard tersebut sehingga jalur chipnya tergores.

Jika sudah di ketahui kalau yang rusaknya adalah Simcard. Cara mengatasinya yang paling efektif adalah datang ke GraPARI (pusat layanan pelanggan Telkomsel) yang ada di kota anda.

Cara mengurus Simcard Telkomsel yang rusak di GraPARI

  • Datang ke GraPARI terdekat  yang ada di kota anda.
  • Bawa Simcard yang rusak tersebut, KTP dan uang Rp. 20.000;- (sebenarnya pergantian Simcard baru itu gratis tapi nanti anda akan diminta mengisikan pulsa ke nomor anda tadi sebesar Rp. 20.000;-)
  • Ambil nomor antrian
  • Nanti setelah nomor antrian anda dipanggil, anda akan duduk di bangku di depan meja Customer Service (CS).
  • Di CS ini nanti anda akan di tanya 4 hal. Pertama, Siapa nama anda? (sebutkan nama anda sesuai nama saat registrasi Simcard tersebut). Kedua, Apa yang bisa mereka bantu? (ceritakan kalau Simcard anda error atau tidak terbaca). Ketiga, Apakah nomor itu anda yang punya atau bukan? (lebih mudah berurusan di GraPARI kalau orang/pemilik kartu tersebut yang langsung datang). Keempat, Sudah berapa lama Simcard tersebut rusak? (pastikan waktu Simcard tersebut rusak sampai anda datang ke GraPARI tidak lebih dari satu minggu)
  • CS akan meminta Simcard yang anda bawa dan memasukkannya kedalam slot alat seperti Card Rider (saya tidak tahu nama asli alat tersebut apa) untuk mencocokkan informasi.
  • CS akan meminta anda menyebutkan nomor HP di Simcard yang error tadi.
  • CS akan menanyakan tanggal lahir anda (sebutkan tanggal lahir sesuai dengan tanggal lahir yang anda gunakan saat registrasi Simcard tersebut)
  • Setelah pencocokan informasi selesai, CS akan meminta KTP anda untuk di SCAN
  • CS akan mengganti Simcard yang error tadi dengan Simcard yang baru tapi nomor di dalamnya masih nomor lama.
  • CS akan meminta anda mengisikan pulsa sebesar Rp. 20.000; ke nomor anda yang baru diganti tadi (anda bisa langsung mengisi pulsa nya di GraPARI atau memilih mengisinya nanti saja di ponsel. Saran saya, langsung saja isi pulsa nya di GraPARI melalui perantara CS tadi. Selain nggak ribet. Harga pulsanya juga cuma Rp. 20.000;- Kalau di ponsel biasanya Rp. 21.000;-)
  • Setelah semuanya selesai, anda akan memiliki Simcard baru dengan nomor yang lama.
  • Selesai
Nomor anda yang baru tersebut akan aktif setelah 30 menit kemudian (dihitung mulai dari Simcard tersebut di serahkan oleh CS GraPARI yang barusan anda kunjungi)

Cara diatas juga berlaku untuk mengurus Simcard Telkomsel (Kartu As, simPATI atau kartuHalo) yang hilang. Semoga informasi ini bisa membantu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Mengurus Simcard Telkomsel yang Hilang atau Rusak"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar terkait tulisan di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Mohon tidak menyisipkan link hidup di dalam kotak komentar. Terima kasih!