Ganbare Kickers dan Kenangan Masa Kecil

Ganbare Kickers

Setelah 13 tahun berlalu, akhirnya bisa nonton GANBARE KICKERS lagi. Kartun favorit waktu kecil dulu. Itu kalimat pendek yang sempat saya tulis sebagai status di Facebook beberapa waktu yang lalu.

Waktu kecil, saya punya beberapa kartun favorit. Salah satunya adalah Ganbare Kickers. Ganbare Kickers ini bercerita tentang klub sepak bola dari SD Kitahara. Klub sepak bola ini terancam bubar karena selalu kalah saat bertanding. Bahkan di pertandingan terakhir, mereka kalah 21 – 0. 

21 – 0. Coba bayangkan betapa lemahnya mereka. Saking lemahnya mereka, sampai-sampai tidak ada lagi klub sepak bola yang mau diajak bertanding sama mereka. Hal ini lah yang membuat Kapten Tim Kickers, Masaru Hongo memutuskan untuk membubarkan tim tersebut.

Tapi sebelum keputusan itu menjadi kenyataan, datanglah Daichi Kakeru. Pemain sepak bola berbakat yang baru saja pindah ke SD Kitahara. Kakeru pernah bergabung dengan tim sepak bola yang cukup terkenal bernama Shimizugaoka FC. Tapi di tim ini, Kakeru hanya menjadi pemain cadangan karena baru kelas 4 SD.

Sejak Kakeku bergabung, Tim Kickers mulai bangkit kembali. Mereka kembali menemukan semangat baru. Kalau dulu mereka malas-malasan saat latihan, sejak Kakeru datang mereka kembali menjadi rajin. Hal ini tidak lepas dari kejeniusan Kakeru yang selalu bisa menemukan cara untuk memotivasi teman-temannya saat latihan.

Perlahan tapi pasti, Tim Kickers mulai menjadi tim yang hebat. Tim-tim yang dulu memandang mereka dengan sebelah mata, kini jadi ingin menjajal kemampuan mereka. Awal-awal bertanding dengan tim-tim lain, Tim Kickers selalu kalah. Tapi tidak kalah telak seperti sebelum kedatangan Kakeru.

Sampai akhirnya mereka mengikuti kejuaraan tingkat SD seluruh Jepang dan berhasil menjadi juara 2. Kalah dengan skor 2 -1 dari Tim Nanyo FC di pertandingan terakhir. Kapten Tim Nanyo FC sendiri adalah abang dari Uesugi Akina, cewek yang menyukai dan di sukai oleh Daichi Kakeru.

***

Secara garis besar, konsep cerita Ganbare Kickers ini hampir sama dengan cerita Captain Tsubasa. Sama-sama bercerita tentang seorang anak yang sangat mencintai sepak bola. Tapi bedanya, Ganbare Kickers hanya bercerita saat Daichi Kakeru masih SD dan mengikuti kejuaraan tingkat SD seluruh Jepang.  Sedangkan Captain Tsubasa bercerita mulai Ozora Tsubasa masih kecil sampai Tsubasa dewasa dan mewakili Jepang di pertandingan sepak bola tingkat dunia.

Kalau disuruh memilih, saya lebih memilih Ganbare Kickers dari pada Captain Tsubasa. Alasannya karena ceritanya lebih singkat dan fokus pada satu masa (masa SD tokoh utama). Hanya 26 episode dengan durasi 25 menit per episode nya.

Saya pertama kali nonton Ganbare Kickers ini sekitar tahun 2003 atau 2004 di TPI kalau tak salah. Dan setelah 13 tahun berlalu, saya bisa mengkoleksi semua episode salah satu kartun favorit saya ini berkat channel Anime Jadul di Youtube. Menonton Ganbare Kickers saat ini seperti menjemput kenangan waktu saya masih kecil dulu.

Ada 3 hal yang paling saya ingat dari Ganbare Kickers
  • Nama-nama pemain Tim Kickers
Sampai saat ini pun saya masih ingat nama-nama pemain Tim Kickers. Bahkan waktu SMP dulu, saya pernah mencatat nama mereka semua di sampul belakang sebelah dalam buku pelajaran. Mereka adalah Hara Takeshi, Hara Kiyoshi, Daichi Kakeru, Hideo Obata, Tetsuya Takada, Ishi Kenta, Kaga Shinsuke, Hamamoto Naoto, Otaka Mamoru, Naguchi Manabu, Masaru Hongo dan pemain cadangan Ota Tachi.
  • Sifat-sifat pemain paling menonjol di Tim Kickers
Di Tim Kickers ada 4 pemain yang paling menonjol karena sifatnya. Pertama, Masaru Hongo sang kapten yang bijaksana, cool, sabar dan selalu jadi penengah jika ada masalah. Kedua, Daichi Kakeru sang penyerang yang selalu tertawa, semangat, optimis dan selalu menemukan cara untuk memotivasi teman-temannya. Ketiga, Ishi Kenta sang gelandang bertahan yang selalu banyak cakap, sok hebat, mudah emosi dan selalu terlibat perkelahian fisik. Keempat, Ota Tachi sang pemain cadangan yang bertubuh gemuk, suka makan, pesimis dan selalu terjatuh saat menendang bola.
  • Kejadian saat Kapten Tim Kickers di tuduh mesum
Ini kejadian paling lucu menurut saya di cerita Ganbare Kickers. Masaru Hongo sang kapten di tuduh mesum dan membuat heboh SD Kitahara. Jadi waktu itu, Hongo di kejar-kejar sama tiga cewek yang merupakan penggemar beratnya. Karena takut, Hongo lari dan bersembunyi. Tapi sialnya, Hongo masuk dan bersembunyi di ruangan Daichi Ayumi, kakak dari Daichi Kakeru. Waktu Hongo masuk, Ayumi sedang mengganti pakaian. Setelah tiga cewek yang mengejar Hongo menghilang, Hongo bermaksud keluar dari ruangan tersebut tapi tiba-tiba teman Ayumi masuk dan memergoki mereka.

Sejak itu, stempel mesum melekat pada diri Masaru Hongo. Sampai-sampai Ishi Kenta dan pemain Tim Kickers yang lain kecuali Daichi Kakeru tidak mau latihan karena takut di kira mesum juga. Hahaha

Terakhir, Daichi Ayumi meminta bantuan penyiar radio sekolah untuk menyiarkan secara langsung klarifikasinya. Ayumi bilang kalau Hongo tidak mesum tapi dia berteriak karena takut kecoa dan tiba-tiba Hongo datang menyelamatkannya. Walaupun Ayumi berbohong, tapi klarifikasinya berhasil mengembalikan nama Masaru Hongo. Ayumi sendiri adalah cewek yang disukai dan menyukai Masaru Hongo. Dia pernah memberi coklat berbentuk bola kecil kepada Hongo saat hari Valentine.

***

Kira-kira begitu cerita Ganbare Kickers dan kenangan masa kecil (nggak kecil-kecil amat sih) saya. Kamu punya kartun favorit juga waktu kecil dulu? Tuliskan di kotak komentar ya!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ganbare Kickers dan Kenangan Masa Kecil"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar terkait tulisan di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Mohon tidak menyisipkan link hidup di dalam kotak komentar. Terima kasih!