Ngomongin Maskot Pilbup Bengkalis 2024

Setiap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, ada dua hal yang paling saya tunggu. Pertama, sudah tentu kesempatan untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kedua, Maskot.

Iya, setiap kali Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, KPU Kabupaten Bengkalis akan mengadakan Sayembara Cipta Maskot & Jingle dengan total hadiah puluhan juta rupiah. 

Bukan total hadiah puluhan juta rupiah ini yang menarik perhatian saya. Tapi lebih ke arah maskot itu sendiri. Kabupaten Bengkalis termasuk kabupaten yang memiliki banyak sekali unsur iconik. Mulai dari Ikan Terubuk, Tanjak sampai kepada Batik Melayu. 

Sudah terbayangkan bagaimana kerennya unsur-unsur iconik tersebut jika berada di tangan seorang desainer dalam menciptakan sebuah maskot? Inilah hal yang paling saya tunggu-tunggu. 

Nah, tahun 2024 ini dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, KPU Kabupaten Bengkalis mengadakan Sayembara Cipta Maskot dan Jingle dengan total hadiah Rp. 30.000.000.

Setelah melewati beberapa tahapan, akhirnya KPU Kabupaten Bengkalis mengumumkan Pemenang Sayembara Cipta Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis tahun 2024 melalui akun Instagram dan Facebook resminya. 

Ada satu desain sebagai juara utama dan ada dua desain lagi sebagai juara harapan non jenjang. 

Di tulisan kali ini saya akan berbagi pendapat atau opini terkait ketiga desain maskot tersebut. Yang perlu di garis bawahi, opini ini murni dari sudut pandang seorang penikmat desain. Bukan untuk meragukan penilaian dewan juri yang kapasitasnya sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. 

Jadi, mari kita mulai. 

Juara Utama

Konsep desainnya oke. Tapi ikan terubuknya terlalu "Gemoy". Kalau desainer nya menginginkan maskot yang santai dan tidak terlalu kaku, saya fikir sudah cukup terwakilkan. 

Tapi ini beneran ikan terubuk nggak sih? Kok saya melihat sekilas lebih mirip ikan buntal 🤔

Juara Utama Maskot Pilbub Bengkalis 2024

Penamaan maskot nya yakni Bang Kolis cukup kuat dan enak di dengar. Tapi tagline di bawahnya BANGkitkan pemilu yang KOndusif, adiL, dan apa lanjutannya itu tidak kelihatan. Tertutup oleh jari yang ada tinta ungunya.

Mungkin tagline ini akan lebih bagus jika posisi nya tepat di bawah nama Bang Kolis. Jadi semua kalimatnya akan terlihat dengan sangat jelas. 

Kalau dari sisi kerapian, jujur saja maskot ini masih jauh dari kata rapi. Masih terlalu kasar desain nya. Stroke setiap sudut seharusnya masih bisa di perhalus.

Dan satu lagi, kayaknya pembuat maskot ini terlalu terburu-buru menyelesaikan desainnya sehingga tidak sadar kalau maskot nya ini lupa pakai celana 😁

Saya tidak tahu apakah desain maskot ini sudah final atau masih bisa di revisi lagi nantinya. Kalau sudah final, siap-siap saja beberapa bulan kedepan kita akan melihat maskot yang "apa adanya" ini. 

Tapi kalau masih bisa di revisi, sudah tentu menjadi pilihan yang paling tepat. Maskot nya bisa lebih di rapikan lagi terutama di bagian sudut-sudutnya tanpa harus mengurangi sisi gemoy dari maskot tersebut. 

Dan jangan lupa, maskot nya juga di tambahkan celana. 

Juara Harapan Non Jenjang

Maskot berbentuk ikan terubuk yang menggunakan tanjak dan baju kurung khas melayu dengan motif batiknya ini menurut saya bagus sekali.

Juara Harapan Non Jenjang Maskot Pilbub Bengkalis 2024

Unsur iconik nya dapat banget. Kerapian desainnya benar-benar memanjakan mata. Yang kurang mungkin penamaan dari maskot itu sendiri. 

Maskot dengan desain seperti ini sangat cocok jika di beri nama Terubuk dengan akronim Si Teru atau Terubuk Bertanjak yang di singkat menjadi Si Teja. 

Juara Harapan Non Jenjang

Dari awal, maskot berbentuk gajah memakai baju kurung khas melayu ini benar-benar mencuri perhatian saya. 

Seperti menggabungkan 2 unsur dari dua desain maskot sebelumnya. Unsur gemoy yang di ambil dari maskot yang menjadi juara utama dan unsur kerapian yang di ambil dari maskot yang menjadi juara harapan non jenjang.

Juara Harapan Non Jenjang Maskot Pilbub Bengkalis 2024

Iya, maskot berbentuk gajah ini adalah maskot yang paling lengkap menurut saya. Unsur iconik nya dapat. Kerapiannya bagus dan pakaiannya yang berwarna merah mengingatkan saya dengan jargon "Menyala Abangku".

Nama maskot nya Si Gamel alias Gajah Melayu benar-benar kuat dan enak di dengar.

Terakhir, kalau saya di beri kesempatan untuk memilih, saya akan memilih desain Si Gamel ini yang menjadi juara utamanya. Bagaimana dengan pendapat teman-teman yang lain? Silahkan tulis di kotak komentar ya!

0 Response to "Ngomongin Maskot Pilbup Bengkalis 2024"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel