Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perpanjangan Domain Ketiga, Ada Sedikit Tanda-Tanda

Hari ini saya baru saja memperpanjang domain blog hatim.web.id ini untuk satu tahun kedepan. Sekarang blog pribadi saya ini sudah berumur tiga tahun.

Kalau di tahun kedua kemaren, saya masih meraba-raba. Maka di tahun ketiga ini, sudah ada sedikit tanda-tanda.

Perpanjangan Domain Ketiga

Salah satu kesulitan dalam mengembangkan blog adalah mendatangkan trafik. Apalagi trafik organik yang berasal dari mesin pencari. 

Hal ini juga sempat saya rasakan saat mengembangkan blog pribadi ini. Trafiknya kecil sekali. Bahkan saat umur blog sudah memasuki usia dua tahun tapi pengunjung hariannya masih bisa di hitung dengan jari. 

Selain karena algoritma Google yang sulit di tebak, saya juga jarang menulis. Bahkan, untuk bulan Januari kemaren, saya tidak membuat postingan sama sekali. 

Tapi walaupun demikian, untuk bulan Januari kemaren, pengunjung blog ini tetap mencapai ratusan pageview. Untuk ukuran blog pribadi yang jarang di update, jumlah tersebut sudah terbilang cukup bagus. 

Melihat tanda-tanda di tahun ketiga ini, saya seperti termotivasi untuk rutin menulis lagi. Bukannya apa-apa, blog pribadi yang jarang di update saja masih bisa mendatangkan trafik organik walaupun kecil, bagaimana kalau saya konsisten membuat tulisan?

Itu semakin meyakinkan saya bahwa tulisan apapun termasuk curhat atau cerita keseharian tetap memiliki segmen pengunjungnya sendiri. 

Jadi penasaran melihat perkembangan blog ini beberapa bulan kedepan saat saya kembali aktif membuat tulisan 😉