Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menakar Peluang Argentina Juarai Piala Dunia 2022

Sebagai penggemar Argentina terutama Lionel Messi, saya ikut senang akhirnya Argentina bisa menembus babak final Piala Dunia 2022. Sejak awal, perjalanan tim Argentina bisa di bilang kurang meyakinkan. Di pertandingan pertama, mereka di tekuk Arab Saudi dengan skor 2-1. Selama berhari-hari tim Argentina terutama Lionel Messi menjadi bulan-bulanan di Sosial Media.

Sampai-sampai muncul meme "Argentina punya Messi, Kami didukung Allah".

Di pertandingan kedua, tim Argentina berhasil menunjukkan permainan yang lebih baik dari sebelumnya. Hasilnya mereka berhasil menekuk Meksiko dengan skor 2-0.

Argentina Juara Piala Dunia 2022

Walaupun demikian, tim Argentina tetap menjadi bulan-bulanan di Sosial Media. Sebab di waktu bersamaan, tim Prancis, Brazil dan Portugal berhasil mengamankan posisi 16 besar setelah menang 2 kali berturut-turut.

Sampai-sampai muncul meme yang berisi pertanyaan "Where is Messi?"

Di pertandingan ketiga babak penyisihan grup, tim Argentina berhasil menekuk Polandia dengan skor 2-0. Hal ini membuat Argentina lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup. Dan secara tidak langsung membuat Argentina terhindar dari laga berat melawan Prancis di babak 16 besar.

Memasuki babak 16 besar ini, peran Lionel Messi untuk tim Argentina semakin terlihat nyata. Gocekannya benar-benar merepotkan barisan belakang tim lawan. Alhasil tim Argentina berhasil menaklukkan Australia (2-1), Belanda lewat adu pinalti (4-3) dan Kroasia (3-0). Hal ini membuat tim Argentina berhasil mendapatkan 1 tiket di babak final.

Jadi pertanyaan "Dimana Messi?" terjawab sudah. Messi di Final, Bro!!!

Di babak final nanti Argentina akan berhadapan dengan tim kuat asal Eropa, Prancis. Prancis berhasil menghentikan kejutan Maroko di Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0 dini hari tadi.

Pertandingan Argentina vs Prancis di babak final nanti akan menjadi pertandingan yang seru, panas dan menegangkan. Pertandingan yang sangat sayang untuk di lewatkan. Ini adalah pertandingan adu gengsi dan penuh motivasi. Baik di level negara maupun individu.

Untuk Argentina sendiri, Piala Dunia 2022 ini akan menjadi motivasi untuk menambah trofi setelah era Diego Maradona. Sedangkan untuk Lionel Messi, Piala Dunia 2022 ini adalah harga mati untuk memantapkan posisi nya sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Semua gelar individu telah berhasil dia dapatkan. Hanya 1 yang kurang, yakni Piala Dunia.

Sedangkan untuk Prancis sendiri, mereka tentu saja ingin mempertahankan gelar Piala Dunia. Sebelumnya mereka telah berhasil mematahkan "kutukan" bahwa tim yang berhasil menjuarai Piala Dunia edisi sebelumnya tidak akan lolos fase grup di Piala Dunia berikutnya.

Prancis bukan saja mematahkan "kutukan" tersebut dengan lolos di fase grup tapi berhasil mendapatkan 1 tiket di babak final. Luar biasa!

Sedangkan untuk Kylian Mbappe sendiri, Piala Dunia 2022 ini menjadi ajang pembuktian kepada dunia bahwa dia adalah salah satu pemain terbaik yang pantas mendapatkan Balon D'Or berikutnya.

Argentina vs Prancis. Si Lincah Messi vs Si Tengil Mbappe. Dari segi motivasi mereka sama-sama kuat. Dari segi kekuatan tim juga sama-sama berimbang. Tinggal bagaimana nanti di pertandingan final Piala Dunia 2022. Tim mana yang lebih banyak menciptakan peluang dan bermain rapi sehingga bisa keluar sebagai juara.

Kalau di tanya berapa persentase kemenangan Argentina ketika melawan Prancis nanti, saya akan menjawab tidak lebih dari 57%. Persentase ini bisa di bilang tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil juga. Alasan saya bilang begitu karena ada 3 penyebabnya :

1. Head to Head

Secara head to head antara Argentina vs Prancis, Argentina memang jauh lebih unggul. Secara total, Argentina telah bertemu Prancis sebanyak 12 kali. Dari 12 kali pertemuan tersebut, Argentina berhasil menang 6 kali sedangkan Prancis hanya 3 kali.

Di ajang yang sama tapi di tahun yang berbeda yakni Piala Dunia 2018 yang lalu, Prancis berhasil mengalahkan Argentina di babak 16 besar dengan skor 4-3.

Di partai final ini, Argentina punya kesempatan untuk membalas dendam seperti yang mereka lakukan terhadap Kroasia semalam. Di fase penyisihan grup Piala Dunia 2018 Argentina di permalukan Kroasia dengan skor telak 3-0. Tapi di pertandingan semalam, Argentina berhasil membalas dendam dengan skor yang sama pula yakni 3-0.

Tapi jangan lupa, Piala Dunia 2022 ini penuh dengan kejutan. Seperti Maroko yang berhasil menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke babak 4 besar Piala Dunia.

Bukan tidak mungkin nanti Prancis yang  kembali berhasil menekuk Argentina dengan skor tipis. Entah itu 2-1 atau pun 3-2.

2. Grafik Permainan

Bukan cuma Argentina, Prancis pun punya grafik permainan yang menunjukkan trend positif dengan adanya peningkatan yang cukup signifikan untuk setiap pertandingan yang mereka jalani.

Mulai dari kekompakan antar pemain sampai pola serangan dan bertahan yang cukup menjanjikan.

Kalau kita lihat secara detail untuk setiap permainannya, Prancis selalu mengandalkan gol cepat. Setelah gol terjadi, mereka akan memperkuat lini pertahanan sampai peluit akhir di bunyikan.

Setelah unggul, hanya sesekali saja Prancis all out untuk menambah keunggulan. Mereka lebih memilih bermain aman dengan cara bertahan.

PR besar untuk Argentina kalau nanti Prancis berhasil unggul duluan. Bagaimana menembus rapatnya barisan pertahanan Prancis sebelum peluit akhir di bunyikan.

3. Pola Permainan

Walau bagaimanapun, Prancis punya Kylian Mbappe yang merupakan rekan satu tim Lionel Messi di PSG. Mbappe sudah pasti tahu benar pola permainan Argentina terutama Lionel Messi. Sebab di PSG, Mbappe selalu menjadi penerima umpan dari King Leo tersebut.

Selain itu, Argentina selalu dengan pola permainan yang sama. Yakni menjadikan Lionel Messi sebagai target pandangan mata untuk mengalih perhatian. Dengan kemampuan mengolah si kulit bundar di atas rata-rata, Lionel Messi akan berusaha melewati 3 atau 4 pemain sedangkan rekan tim yang lain akan mencari kesempatan untuk bisa menerima umpan.

Pola permainan Argentina yang seperti ini sudah pasti akan di counter oleh Prancis sejak awal. Mereka akan mati-matian menjaga pergerakan Lionel Messi. Terutama ketika Lionel Messi cuma berjalan santai. Sebab seringkali petaka bermula dari sini.

Saat Lionel Messi berjalan santai, di situlah tim lawan akan terbantai.

***

3 hal tersebut sudah cukup membuat saya berfikir bahwa persentase kemenangan Argentina terhadap Prancis nanti tidak lebih dari 57%. Selain 3 alasan tersebut, kita tentunya sama-sama setuju kalau kedua tim ini sama-sama kuat. Tinggal kita lihat saja nanti Dewi Fortuna berfihak kepada siapa.

Tapi saya berharap Argentina bisa menjadi juara Piala Dunia 2022. Biar Lionel Messi bisa mengakhiri karir sepak bolanya dengan manis.