Perpanjangan Domain Kedua, Masih (Tetap) Meraba-Raba

cerita di balik perpanjangan domain kedua saya.

HATIM.WEB.ID - Jadi sebulan yang lalu, Rumahweb Indonesia mengirimi saya email yang berisi pemberitahuan perpanjangan domain hatim.web.id ini untuk satu tahun ke depannya. Tapi sampai satu hari sebelum masa aktif domain ini berakhir, saya masih di landa kebimbangan.

Perpanjangan Domain Kedua

Saya sering kali bertanya dalam hati "Apakah domain ini perlu di perpanjang atau tidak?"

Ini bukan masalah uang atau biaya perpanjangan domainnya, tapi lebih ke arah perkembangan blog ini yang masih belum menunjukkan trend positif. 

Tapi satu hari sebelum masa aktif domain ini berakhir, dalam perjalanan ke tempat kerja, saya memutuskan untuk memperpanjang domain ini dengan beberapa pertimbangan :

1. Murah

Iya, biaya perpanjangan domain hatim.web.id ini tergolong murah. Yakni Rp. 73.200;- Biaya tersebut sudah termasuk biaya PPN dan biaya admin Indomaret. Kebetulan saya memang selalu membayar perpanjang domain-domain yang saya kelola di Indomaret sebab letaknya hanya 100 Meter dari tempat saya kerja.

2. Pendek

Domain hatim.web.id adalah satu-satunya domain saya yang memiliki nama cukup pendek yakni cuma 5 huruf doang. Walaupun eksistensi domain nya kurang populer di masyarakat, tapi tidak apa-apa. Toh namanya cukup keren dan sesuai dengan nama tengah saya. Yakni HATIM.

3. Umur

Domain hatim.web.id ini pernah saya daftarkan tahun 2017 yang lalu. Tapi satu tahun kemudian mati karena lupa saya perpanjangkan. Kemudian saya daftarkan ulang pada tanggal 5 Februari 2022 yang lalu. Kalau misalnya domain ini terus hidup dari pertama kali saya daftarkan, umurnya paling tidak sudah 5 tahun lebih.

Domain yang sudah berumur seperti ini lebih di prioritaskan sama Google di hasil penelusuran di bandingkan domain baru. Itu yang membuat saya sayang untuk mematikan domain blog ini.

Walaupun di umur domain saya yang sudah masuk tahun kedua ini saya masih meraba raba dalam membangun blog ini, tapi tidak apa-apa. Pelan-pelan saja. Mudah-mudahan lebih semangat lagi dalam menulis sehingga perkembangan blog ini lebih menyakinkan di tahun ketiga nya nanti. Aamiin

LihatTutupKomentar
Cancel

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!