Alhamdulillah, Blog Mas Hatim di Terima Google Adsense

Cerita ketika blog mas hatim di terima oleh Google Adsense
Ini kedua kalinya blog saya di terima Google Adsense. Yang pertama blog alfirous.com di terima Google Adsense pada tanggal 19 Juni 2022 yang lalu. Sekarang, blog hatim.web.id di terima Google Adsense hari ini, 23 Juni 2023 pukul 17.07 tadi.

Blog Mas Hatim di Terima Google Adsense
Awalnya saya cuma iseng doang mendaftarkan blog ini ke Google Adsense. Nggak ada ekspektasi blog ini bakal di terima. Murni memang iseng belaka. Sebab blog ini memang blog pribadi yang saya gunakan untuk menulis apapun yang terlintas di pikiran saya. Kadang info, kadang curhat. Sesuka saya saja. 

Tapi tadi pas saya cek akun Google Adsense, ada pesan peringatan yang berbunyi "Penghasilan Anda berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda".

Awalnya saya fikir itu peringatan untuk blog alfirous.com, tapi setelah saya tekan Perbaiki sekarang ternyata pesan tersebut di tujukan untuk blog hatim.web.id

Itu artinya blog ini di terima oleh Google Adsense. Dan setelah saya cek email, ternyata memang ada pemberitahuan dari Google Adsense pukul 17.07 tadi. 

Alhamdulillah!!! 

Dari kejadian ini, ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan :

1. Domain Web.ID bisa di pasang Google Adsense
Sebelumnya banyak yang beranggapan bahwa domain web.id tidak bisa di pasang Google Adsense, anggapan tersebut berhasil terpatahkan. 

Domain web.id memang murah dan kurang populer di bandingkan dengan domain com, tapi tetap bisa di terima Google Adsense. Jadi bagi blogger yang punya blog berdomain web.id jangan berkecil hati dan patah semangat. Domain murah tetap bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. 

2. Jumlah Artikel
Kebanyakan orang bilang untuk di terima Google Adsense, minimal blog sudah berisikan 30 artikel. 30 artikel tersebut harus terindeks semuanya. 

Anggapan ini juga terpatahkan. Blog hatim.web.id ini hanya berisi 17 artikel. Memang semua nya sudah terindeks dan orisinal. 

3. Jumlah Pengunjung
Jumlah pengunjung juga harus lebih dari 100 PV perhari agar bisa di terima oleh Google Adsense. Anggapan ini juga terpatahkan. Blog ini hanya memiliki 9 atau 10 PV perhari. Cuma itu murni dari mesin pencari. 

Jumlah Pengunjung Blog Mas Hatim
4. Inventaris Blog
Untuk di terima Google Adsense, inventaris blog harus lengkap seperti halaman about, contact, disclaimer, privacy policy dan sitemap. Anggapan ini juga terpatahkan. Blog ini hanya ada halaman About dan Sitemap doang di bagian Footer. Cuma di bagian menu blog ini tidak ada link broken atau tautan yang rusak.

5. Umur Blog
Mungkin satu-satu alasan blog ini bisa di terima oleh Google Adsense adalah umur blog. Iya, blog ini sudah cukup berumur. 

Pertama kali saya daftarkan domain blog hatim.web.id ini bulan September 2017 yang lalu. Saat itu saya masih berada di kota Pekanbaru. Setahun kemudian domain blog ini mati karena tidak saya perpanjang lagi. Tepatnya ketika saya kembali ke kota Bengkalis. 

Bulan Februari 2022 yang lalu kembali domain ini saya daftar ulang. Jadi bisa di bilang domain ini sudah cukup berumur. 

Yang saya bisa simpulkan dari beberapa hal di atas adalah di terima Google Adsense itu terbilang mudah. Yang susah itu mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

Di terima Google Adsense bukanlah akhir dari perjalanan. Melainkan awal dari perjuangan. Walaupun iklan tayang di blog tapi kalau pengunjung sedikit, jumlah klik nya juga pasti bisa di hitung. 

Untuk itulah, saya akan fokus menulis dan mendatangkan sebanyak mungkin  pengunjung ke blog ini. Terutama pengunjung dari mesin pencari.

Logikanya sederhana, semakin banyak pengunjung yang datang ke blog ini, semakin besar kemungkinan orang akan klik iklan. Jumlah pengunjung adalah 🔑
LihatTutupKomentar
Cancel

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!