Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembalikan Blog ke Performa Terbaiknya

HATIM.WEB.ID - Menurut saya yang lebih susah dari pada mendaftar Google Adsense sampai di terima sebagai publisher adalah mendatangkan trafik ke blog. Terutama trafik organik yang berasal dari mesin pencari.

Mengembalikan Blog ke Performa Terbaiknya

Banyak blogger pemula yang baru beberapa minggu ngeblog langsung bertanya bagaimana cara agar di terima oleh Google Adsense? Sebab blog mereka selalu di tolak Google Adsense dengan alasan konten berkualitas rendah. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pertanyaan tersebut. Sah-sah saja jika tujuan ngeblog utama mereka adalah uang. 

Cuma jangan terlalu berekspektasi tinggi sebab sudah pasti bakal kecewa. 

Misalnya jika blog mereka yang baru berumur beberapa minggu di terima Google Adsense. Terus mau di apakan? 

Di terima Google Adsense bukanlah akhir. Tapi awal dari perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Sebab mendapatkan penghasilan dari Google Adsense tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Saya bukan menakut-nakuti. Tapi memang itulah kenyataannya. Berapa banyak blogger yang tujuan utama ngeblog mereka adalah uang, berhenti di tengah jalan karena tak kunjung menghasilkan? Mereka menganggap menghasilkan uang dari Google Adsense itu mudah. Hari ini di terima, besok sudah gajian. 

Itu sebabnya saya selalu mengatakan di awal-awal ngeblog, fokus saja untuk membuat tulisan yang berkualitas. Datangkan sebanyak-banyaknya trafik organik ke blog. Setelah itu baru daftar Google Adsense. 

Semua itu butuh proses. Setahap demi setahap. Nggak apa-apa lambat. Yang penting tujuan nya jelas. 

Saya juga dulunya seperti itu. Daftar Google Adsense biar bisa menghasilkan uang dari blog. Tapi setelah di terima, penghasilan harian nya di luar ekspektasi saya. Hanya beberapa ratus rupiah saja. 

Itu sebabnya saya fokus mengembangkan blog dengan cara memperbanyak tulisan. Itupun belum memadai. 

Di akhir tahun 2022 yang lalu, blog saya pernah berada di performa terbaiknya. Satu blog bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah setiap bulannya. Walaupun penghasilan segitu cukup kecil bagi blogger yang sudah rutin gajian setiap bulannya, tapi bagi saya itu sudah sangat luar biasa. 

Sekarang blog saya sedang terpuruk. Apalagi setelah terkena badai limit beberapa waktu yang lalu. Penghasilan bulannya hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. 

Walaupun demikian, saya tetap bersyukur. Mudah-mudahan suatu saat nanti blog saya bisa kembali ke performa terbaiknya. Aamiin!!!