Masih Semangat Ngeblog?

HATIM.WEB.ID - Masih semangat ngeblog? Mungkin pertanyaan tersebut terkesan basa-basi. Tapi saya menanyakannya benar-benar dari hati.

Masih Semangat Ngeblog?
 
Begini, blogger pernah mencapai era keemasannya antara tahun 2012 s/d 2016 yang lalu. Dalam rentang waktu tersebut, kita mudah sekali menemukan blog-blog bagus yang rutin update tulisan-tulisan berkualitas. Selain itu, kita juga mudah menemukan blogger yang mau berkunjung balik ke blog kita kemudian meninggalkan jejak berupa komentar di postingan terbaru. 

Tapi kini, grafik pertumbuhan blogger berada di titik terendah dalam beberapa dekade terakhir. Sangat sulit menemukan blogger yang rutin update tulisan walau hanya berupa curahan hati (curhat) semata. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi fenomena tersebut. Mulai dari gempuran aplikasi video pendek seperti TikTok dan SnackVideo, sampai kepada media besar nasional yang membabat habis semua kata kunci pencarian sehingga blogger sangat sulit untuk bersaing. 

Memang aktivitas blogger di era gempuran video pendek seperti sekarang ini kurang menjanjikan. Banyak blogger yang hiatus kemudian hijrah ke platform lain seperti Youtube. Ini yang membuat dunia blogger benar-benar terasa sunyi. 

Saya sendiri pun demikian. Sejak saya merasakan mencari trafik organik dari mesin pencarian itu semakin sulit, di tambah lagi penghasilan yang tidak kunjung naik, semangat ngeblog saya pun jadi ikutan turun naik. 

Tapi saya tidak hiatus atau berhenti total dari kegiatan tulis menulis di blog ini. Saya masih tetap menulis walau tidak setiap hari. Cukup sulit saya meninggalkan passion saya yang satu ini. Kalau tidak menulis, rasa merasa kayak ada yang kurang. Saya selalu rindu untuk menerbitkan tulisan baru. Walaupun perasaan rindu tersebut selalu kalah dengan rasa malas. 

Sampai kapan saya akan menulis? Saya tidak tahu. Mungkin selama saya masih belum mencapai batas, saya akan tetap menulis. Masih tetap ngeblog. 

Yang baca tulisan ini, masih semangat ngeblog? 
LihatTutupKomentar
Cancel

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!