Terima Kasih 2023

Beberapa kejadian di tahun 2023 yang mengubah cara pandang saya tentang kehidupan
Tahun 2023 yang lalu saya nobatkan sebagai tahun suka cita. Di tahun yang sudah lewat dua bulan itu, saya mengalami banyak sekali kejadian luar biasa. Kejadian yang mengubah sudut pandang saya menjadi lebih sederhana dalam memaknai kehidupan.
 
Terima Kasih 2023

Apa saja kejadian luar biasa yang saya maksudkan di paragraf pertama? Ini beberapa di antaranya : 

1. Gagal jadi PPS
 
Awal tahun 2023 yang lalu saya memutuskan untuk mendaftarkan diri jadi PPS. Harapan saya cuma satu, kalau lulus honornya lumayan untuk menambah tabungan. Apalagi masa kerja PPS untuk pemilu tahun 2024 ini adalah 16 bulan.

Setelah mengikuti ujian CAT, harapan saya untuk lulus cukup besar. Nilai ujian saya termasuk tinggi jika di bandingkan dengan teman-teman saya yang berasal dari desa yang sama. 

Saat wawancara, saya juga bisa menjawab semua pertanyaan yang di ajukan dengan cukup baik. Tapi tidak tahu kenapa, setelah sesi wawancara berakhir, saya baru menyadari bahwa semua pertanyaan yang di ajukan "terlalu mudah". 

Saya tidak bermaksud sombong atau meremehkan sesuatu, tapi hati saya memang mengatakan demikian. Awalnya saya fikir, pertanyaan yang akan di ajukan adalah pertanyaan berat seperti tugas PPS dan lain sebagainya. Tetapi pertanyaan sejenis itu tidak di ajukan. Malah yang di tanyakan salah satunya adalah jumlah desa dan kelurahan di kecamatan tempat saya tinggal. 

Saya sedikit curiga. Dan akhirnya kecurigaan saya terbukti. Pas pengumuman kelulusan PPS di keluarkan, saya berada di urutan kelima. Itu artinya saya gagal jadi PPS mengingat yang di ambil adalah urutan pertama sampai ketiga. 

Sedih? Sudah pasti. Sebab saya berharap bisa lulus paling tidak di urutan kedua. Untuk mencapai tujuan tersebut, saya rela bekerja keras dan mempersiapkan semuanya dengan baik. Tapi ternyata ekspektasi selalu tidak sesuai dengan realita. 

Sontak keputusan tersebut bukan cuma mengejutkan saya doang, ada beberapa teman yang juga terheran-heran. Mereka langsung chat dengan mengajukan pertanyaan yang hampir sama "Kok bisa?"

Saya cuma bisa jawab "Mungkin memang belum rezekinya disana".

2. Mundur dari Pantarlih
 
Setelah gagal jadi PPS, saya langsung mendaftarkan diri jadi Pantarlih. Walaupun masa kerjanya cuma satu bulan, tapi honornya lumayan untuk THR para bocil yang datang pas lebaran. 

Setelah mempersiapkan semua berkas yang di butuhkan, saya langsung mengantarkan berkas tersebut ke sekretariat PPS yang ada di desa. 

Hari itu juga saya langsung di wawancara. 5 pertanyaan dengan bobot nilai 20 setiap pertanyaan nya berhasil saya jawab dengan baik. Kebetulan semua pertanyaan tersebut jawaban nya sudah ada di kepala saya sejak lama. 

Setelah menunggu beberapa hari, pengumuman Pantarlih yang di terima keluar. Saya termasuk salah satu dari 6 orang yang di nyatakan lolos. 

Tapi karena satu alasan, akhirnya saya memutuskan untuk mundur dari Pantarlih. Keputusan saya tersebut mengejutkan banyak pihak. Tapi lagi-lagi saya cuma tersenyum dan membiarkan semua orang yang terkejut bermain dengan asumsi mereka masing-masing. 
 
Untuk cerita lengkap serta alasan kenapa saya mundur dari Pantarlih, bisa di baca dalam tulisan Bukan Bodoh, Tapi...

3. Ikut Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Niaga

Dari tanggal 20 Februari s/d 5 Maret 2023 yang lalu saya mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Niaga (BST, SAT, AFF) yang di adakan oleh KSOP Bengkalis yang bekerja sama dengan STIP Jakarta.

Awalnya saya tidak ada niat mengikuti diklat ini. Sebab takut bentrok dengan pekerjaan. Tapi setelah saya cari tahu jadwal dan waktu pelaksanaannya, saya memutuskan untuk ikut.

Ada beberapa pertimbangan saya mengikuti diklat ini. Pertama, tentu saja 3 buah sertifikat (BST, SAT, AFF) yang dibagikan secara gratis. Kedua, ilmu yang di ajarkan. Khususnya ilmu yang berkaitan dengan kecelakaan diatas kapal seperti kebakaran dll. Ilmu ini penting buat saya pribadi yang kebetulan sangat hobi memancing. Ketiga, tentu saja uang saku ๐Ÿ˜

Untuk cerita lengkap saya mengikuti diklat ini, bisa di baca dalam tulisan Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Niaga.

4. Selamat Tinggal AlFirouz.com

Salah satu penyesalan terbesar dalam hidup saya adalah tidak membeli domain alfirouz.com saat masih memiliki kesempatan. Sekarang domain tersebut sudah di miliki orang lain ๐Ÿฅฒ

Jadi, tanggal 2 Juni 2023 yang lalu saya ulang tahun. Rencananya, di ulang tahun tersebut saya ingin membeli domain alfirouz.com sebagai hadiah ulang tahun terbaik dari saya dan untuk saya. Tapi rencana tersebut tidak terealisasi.Ada beberapa pertimbangan saya waktu itu. Salah satunya karena semangat ngeblog saya lagi down saat itu.

Saya fikir nanti sajalah beli domain alfirouz.com nya. Lagian tidak ada juga yang akan mendaftarkan domain tersebut.

Keyakinan saya bahwa domain alfirouz.com tidak ada yang mengambil atau membelinya ternyata salah. Tanggal 6 Agustus 2023 yang lalu, domain tersebut di daftarkan oleh Al Firouz Real Estate yang berada di Dubai.

Tidak tanggung-tanggung, domain tersebut di daftarkan oleh perusahaan besar selama tiga tahun pula. Iya, domain alfirouz.com di daftarkan tanggal 6 Agustus 2023 s/d 6 Agustus 2026.
 
Saya baru menyadarinya ketika kemaren iseng-iseng mengecek domain tersebut apakah masih tersedia atau tidak. Ternyata sudah tidak tersedia lagi. 

Mengetahui kenyataan tersebut, perasaan saya bercampur aduk. Paling dominan sudah pasti sedih. Iya, sedih banget. 

Sebab alfirouz.com termasuk salah satu domain yang saya incar sejak lama. Tapi belum ada alasan kuat untuk membelinya.

Saya sudah mengaman semua akun penting atas nama alfirouz. Mulai dari Instagram, Facebook, Youtube dan baru-baru ini TikTok. Rencananya kalau saya membeli domain alfirouz kemaren, lengkap sudah semuanya. Tapi apa mau di kata, nasi sudah menjadi bubur. Saya jadi ingat kalimat "Sesuatu akan terasa berharga saat kita sudah kehilangannya" ๐Ÿฅฒ

Sebenarnya masih banyak domain keren yang masih bisa saya daftarkan seperti al-firouz.com, alfirouz.id atau hatimalfirouz.com tapi tidak tahu kenapa saya lebih sreg dengan domain alfirouz.com
 
Apakah di masa yang akan datang saya bisa memiliki domain tersebut? Entahlah. Harapan itu ada walaupun kemungkinan terwujudnya itu kecil banget.

5. Surprise yang Gagal

Jadi, bulan Agustus 2023 yang lalu pacar saya ulang tahun. Jadi, saya pengen kasih dia kejutan atau surprise kecil-kecilan biar do'i senang. 

Dua hari sebelum hari H, saya minta di temankan sama kakak pergi beli kado buat do'i. Saat sedang memilih kado, saya sengaja foto kakak dari belakang. Kemudian foto tersebut saya jadikan story WhatsApp. Bagian tertentu dari foto kakak saya tersebut sengaja saya kasih emot untuk menambah kesan misterius.

Sekitar 4 hari sebelumnya saya sudah pesan kue ultah sama teman saya. Kue bolu dam yang di lapisi mentega putih dengan desain seorang gadis muslimah berpakaian warna merah jambu. Sengaja saya pilihkan bolu dam karena bolu dam buatan teman saya tersebut rasanya sudah tidak di ragukan lagi. Untuk desain kue nya, saya pilih langsung dengan cara mencari di internet. Pilihan saya jatuh kepada desain gadis muslimah yang saya sebutkan diatas. Cocok banget dengan karakter do'i yang selalu berpakaian muslimah kayak Ustadzah Oki Setiana Dewi ๐Ÿ˜

Sorenya ketika saya mengambil kue ulang tahun tersebut, teman saya ngomong kayak gini "Entah untuk siapo lah kue nih. Beruntung betol yang jadi cewek dio nih".

Mendengar teman saya bilang kayak gitu, saya cuma senyum-senyum doang.

Malamnya ketika saya datang ke rumah do'i dan menyerahkan kue ultah tersebut, ekspresi do'i biasa saja. Alasannya karena do'i udah tahu sebelumnya.

Lah, kok bisa?

Jadi, teman tempat saya pesan kue itu punya sepupu. Nah, sepupu nya ini teman akrab nya pacar saya tersebut. Dari dia lah do'i tahu kalau saya pesan kue ultah buat do'i.

AUTO GAGAL DEH SURPRISE NYA ๐Ÿ˜•

6. Dapat Skin Limited

Sampai sekarang saya masih tetap main game Mobile Legends. Walau memang tidak sesering dulu lagi. Saya main kalau lagi pengen saja. Mengisi waktu luang. Apalagi kalau ada teman mabarnya. Kalah menang tidak terlalu saya fikirkan. Bawa enjoy saja.

Tahun 2023 yang lalu, saya bisa beli skin starlight Moskov menggunakan uang sisa THR. Saya cukup senang sebab Moskov adalah hero favorit saya di Mobile Legends. Dan ternyata skin starlight Moskov 2023 desain dan efek skill nya cukup mantul alias manis betul ๐Ÿ˜…

Dan di event surprise box 2023 yang lalu, dimana para pemain sudah di jamin mendapatkan skin elite secara gratis, saya malah dapat skin limited. Iya, saya mendapatkan skin Claude Christmas Carnival. Ini adalah skin yang sudah lama saya sekali incar. Tapi karena limited dan tidak di jual di shop, saya tidak berharap bisa memiliki skin ini.

Tapi tidak ada angin tidak ada hujan, saya malah dapat skin limited ini di event surprise box 2023. Benar-benar surprise. Alhamdulillah!

Bukan itu saja, hari terakhir ketika event surprise box akan berakhir, saya kefikiran top up 3 diamond seharga Rp. 1.195 di Dunia Games. Tidak tahu kenapa, hati saya mendorong saya melakukan hal tersebut. Dan ternyata, lagi-lagi saya mendapatkan surprise dari Moonton. 3 diamond yang saya top up membuat saya mendapatkan 1 ticket biru lagi. Langsung saja saya gunakan untuk gacha di event surprise box 2023. Dan, Alhamdulillah saya kembali mendapatkan skin limited yakni Eudora Christmas Carnival. Skin ini juga termasuk skin incaran saya sejak lama. Walaupun sekarang saya sudah jarang memakai hero bersenjatakan kilatan petir tersebut.

Benar-benar hoki bisa mendapatkan 2 skin limited dengan modal seribu rupiah. Alhamdulillah!!!

7. Jadi KPPS

Tanggal 11 Desember 2023 yang lalu saat KPU membuka pendaftaran untuk anggota KPPS, saya langsung menyiapkan berkasnya. Tidak sama kayak mendaftar PPS awal tahun kemaren, kali ini saya mendaftar jadi KPPS tanpa berharap terlalu banyak. Mau lulus atau tidak, saya serahkan semuanya pada ketentuan takdir. Kalau lulus alhamdulillah, kalau tidak lulus juga tidak apa-apa. Santai!!!

Tapi alhamdulillah saya lulus menjadi salah satu KPPS di TPS 002. Dan pada tanggal 25 Januari 2024 yang lalu saya di lantik. Untuk cerita lengkap tentang KPPS ini nantinya akan saya buatkan tulisan terpisah biar tulisan ini tidak terlalu panjang.

***

Dari beberapa kejadian yang saya alami di tahun 2023 yang lalu, ada satu kesimpulan yang bisa saya tarik. Jangan terlalu berharap dengan yang namanya manusia, nanti kita akan merasakan sakit dari pengharapan tersebut.

Lebih baik lakukan saja apa yang kita bisa. Berharap sewajarnya saja. Kemudian sisakan sedikit ruang di hati untuk kata IKHLAS!

LihatTutupKomentar
Cancel

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!